Home > HOBI > Beda Nasi Lemak dengan Nasi Uduk

Beda Nasi Lemak dengan Nasi Uduk

nasi lemak

Tahukah kamu beda nasi lemak dengan nasi uduk? Perbedaan keduanya bisa terlihat dari beberapa hal.

Menurut Chef Michael Irawan dari Beras Merah Resto, membedakan nasi lemak Melayu dengan nasi uduk Betawi cukup dari aromanya. Nasi lemak menggunakan kayu manis dan serai sedangkan nasi uduk menggunakan bumbu lebih beragam, tergantung asalnya; apakah Palmerah, Kebon Kacang, Pulogadung, Klender, atau lainnya.

“Berbeda-beda karena sebenarnya di daerah masing-masing terdapat kantong-kantong Betawi priyayi, halus, atau pinggiran,” jelasnya dilansir dari Okezone.

Chef Michael memaparkan, nasi uduk asli Betawi memiliki pengaruh rasa dari setiap wilayah. Menurutnya, hal itu disebabkan setiap wilayah memiliki cita rasa yang berbeda.

“Betawi halus itu dipengaruhi Arab, selain diberikan yang dua tadi yaitu kayu manis dan serai, ada juga yang diberi kapulaga, cengkeh, itu untuk bagian Betawi pinggiran, tetapi kalau di daerah Rawa Belong, mereka tidak terlalu kompleks, kayu manis dan serai sudah cukup,” tambahnya.

Selain memiliki cita rasa berbeda, dari penambahan isi saja, Chef Michael mengatakan sudah jelas terlihat perbedaan yang mencolok antara nasi lemak dengan nasi uduk.

“Nasi uduk Indonesia dipengaruhi makanan Sunda, kalau nasi lemak ada pengaruh Melayu. Nasi lemak ada rendang, telur dibelah dua, sambal blacan, ikan asin kering. Sementara, nasi uduk kita ada ayam goreng dan semur. Semur ada pengaruh kolonial, yang datang dari peranakan,” tutupnya.
(Visited 789 times, 14 visits today)

Leave a Reply

*