Home > HIBURAN > Cegah Diabetes, Tips Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami

Cegah Diabetes, Tips Cara Menurunkan Kadar Gula Secara Alami

Penyakit yang mengancam seseorang ketika kadar gula dalam darah mulai melebihi dari ambang batas normal adalah diabetes mellitus

Jika kamu terkena diabetes atau pra-diabetes pasti pilihan makanan harus benar-benar dijaga, jika sembarang makan makanan resiko pastinya malah akan menaikkan kadar gula tersebut. Nutrisi yang cukup dan bergizi sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah.

Untuk itu garagara ingin membagi tips konsumsi apa saja yang dapat menurunkan kadar gula secara alami :

Kayu Manis

Bawang Putih

Alpukat

Telur

Cuka

Almond

Kamu mungkin berpikir kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun kayu manis ampuh dalam mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida. Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk kamu.

Bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah. Ekstrak bawang putih meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu makanan yang baik dan ternyata baik untuk mengelola kadar gula darah kamu.

Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan antara lai seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun. Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Alpukat juga meningkatkan perasaan kepuasan setelah makan, dan memiliki dampak yang sehat pada tekanan darah dan peradangan.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesiti diberikan dua telur sehari untuk sarapan. Para peneliti mengatakan mengkonsumsi telur dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Respon mengendalikan nafsu makan dapat mencegah fluktuasi kadar glukosa dan insulin.

Cuka telah terbukti menghambat laju gula darah dan meningkatnya insulin, serta meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Studi yang dilakukan Arizona State University menemukan orang-orang yang mengkonsumsi makanan dengan meminum cuka memiliki kadar gula darah dan insulin yang normal. Kamu juga bisa mengkonsumsi cuka apel.

Almond merupakan sumber magnesium, serat dan protein. Almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi daripada kacang-kacangan lainnya. Semua kacang-kacangan, termasuk almond, juga kaya Kromium yang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Kamu bisa membeli kacang almond di supermarket di kota kamu, bisa kamu konsumsi langsung sebagai camilan atau sebagai campuran masakan anda.

Itulah beberapa makanan yang diambil dari berbagai sumber yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi kadar gula dalam tubuh. Ok keep healthy ya..!!

(Visited 712 times, 2 visits today)

Leave a Reply

*