Home > GAYA > Daun Kelor Ternyata Simpan Zat Besi Lebih Banyak Dari Bayam

Daun Kelor Ternyata Simpan Zat Besi Lebih Banyak Dari Bayam

Daun kelor (Moringa oleifera) sering dikaitkan dengan hal supranatural, yakni berguna untuk mengusir jin dalam tubuh orang yang sedang kesurupan. Namun dibalik kepercayaan tersebut, faktanya daun kelor memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Kandungan nutrisinya disebut-sebut lebih tinggi dibanding banyak jenis sayur lainnya, termasuk bayam si sayur super.

Bahkan sejak jaman Romawi Kuno, Mesir Kuno, serta Yunani pun, daun-daun mungil kelor juga sudah digunakan dalam berbagai jenis pengobatan tradisional. Termasuk juga dalam kitab pengobatan India Ayurveda, kelor disebut merupakan obat berbagai penyakit.

Nah, di dunia modern ini, penelitian tentang kandungan nutrisi daun kelor menguak bahwa ia ternyata mempunyai kandungan zat besi hingga 25 kali bayam, dalam porsi yang sama. Ini berarti masalah anemia atau kurang darah bisa disembuhkan dengan konsumsi kelor.

Tak heran jika oleh ahli gizi, ibu yang baru melahirkan serta dalam kondisi menyusui disarankan untuk banyak mengonsumsinya, sebagai pencegahan dari kurang darah dan mempercepat pemulihan tubuh juga memperbanyak produksi ASI mereka.

Tak hanya zat besi yang berlipat jumlahnya, bahkan jumlah protein dalam kelor ternyata dua kali lebih banyak dari pada kedelai. Demikian juga kandungan vitamin C yang 6 kali buah jeruk, serta vitamin A yang 4 kali jeruk.

Selain itu, kalsium dan kalium, B1 dan B2, polifenol serta asam folat yang sangat berguna untuk kesehatan tubuh manusia jumlahnya berlipat hingga 6 kali dibanding sumber lainnya. Nah, jika demikian sepertinya mulai sekarang kamu harus mulai menanam tanaman kelor di rumah sebagai sumber nutrisi keluarga yang murah meriah.

(Visited 315 times, 6 visits today)

Leave a Reply

*