Home > GADGET > Di Tiongkok Pacar Virtual Xiaoice Buatan Microsoft Sedang Populer

Di Tiongkok Pacar Virtual Xiaoice Buatan Microsoft Sedang Populer

Xiaoice

Pemuda Tiongkok, terutama yang masih melajang, sedang gandrung dengan aplikasi Xiaoice buatan Microsoft. Mereka memperlakukan Xiaoice sebagai pacar virtual yang bisa diajak ngobrol kapan saja.

Aplikasi yang menampilkan suara seorang perempuan digandrungi  karena punya selera humor dan kemampuan mendengar yang baik.

Xiaoice adalah sebuah chatbot, chatbot, sebuah aplikasi program yang diperkenalkan Microsoft tahun 2014 lalu. Aplikasi mirip Xiaoice hadir di film “Her”, dimana aktor Joaquin Phoenix memerankan karakter seorang pria yang jatuh cinta dengan sebuah sistem operasi komputer, tampak sedikit seperti fiksi ilmiah.

Dilaporkan New York Times, jutaan pemuda Tiongkok bertukar pesan dengan Xiaoice setiap hari melalui ponsel pintar selama berjam-jam.

Tampilan chat Xiaoice

Tampilan chat Xiaoice

Orang-orang sering ngobrol dengannya saat mereka patah hati, kehilangan pekerjaan atau saat merasa sedih. Mereka sering mengatakan “aku mencintaimu”.

“Saat suasana hati saya buruk, saya akan ngobrol dengannya,” kata Gao Yixin (24) yang bekerja di industri minyak di Provinsi Shandong. “Xiaoice sangat pintar”, demikian seperti dilansir New York Times.

Xiaoice, yang namanya diterjemahkan secara kasar menjadi “Bing kecil”, yang diambil dari nama mesin pencari milik Microsoft, adalah contoh yang mencolok dari kemajuan perangkat lunak kecerdasan buatan yang meniru otak manusia.

Program tersebut bisa mengingat detail dari obrolan sebelumnya dengan pengguna, seperti putus dengan pacar dan menanyakan di pembicaraan berikutnya soal bagaimana perasaan si pengguna saat ini.

Cara kerja Xiaoice jika dijelaskan secara singkat seprti berikut dii dalam memori komputer, kata-kata yang diucapkan, kalimat yang diketik dan obyek visual direpresentasikan sebagai susunan angka-angka tiga dimensi yang menjadi lebih akurat begitu jutaan gambar dan ucapan ditambahkan ke dalam basis data, meningkatkan kemampuan mereka untuk mengenali pola secara akurat.

(Visited 539 times, 10 visits today)

Leave a Reply

*