Home > School Zone > College - MAHASISWA > Dodo, Pengamen yang Berhasil Masuk Universitas Indonesia..!!!!

Dodo, Pengamen yang Berhasil Masuk Universitas Indonesia..!!!!

Kalo ada pengamen di sekitaran kampus UI, biasanya sih udah digerebek sama satpam. Mereka gak diizinin nyari duit di lingkungan kampus, apalagi sampe masuk ke kantin. Tapi lain hal dengan si Dzulfikar Akbar Cordova (nama terakhirnya keren juga) atau yang akrab disapa dengan Dodo. Pengamen yang satu ini, bebas keliling-keliling kampus UI, bahkan kalo dia mau salto atau koprol juga boleh. Kok bisa ya?

Bisalah, soalnya si Dodo udah resmi terdaftar jadi mahasiswa UI, dia masuk jurusan Ilmu Ekonomi Islam di Fakultas Ekonomi UI, keren kan tuh.

Awalnya si Dodo gak kepikiran buat lanjut sekolah, dia lebih milih ngamen, nyari duit di angkot jurusan Pasar Minggu – Depok. Tapi niatnya berubah, setelah dia tau ada sekolah Masjid Terminal (MASTER). Masuklah si Dodo ke Sekolah Masjid Terminal Depok dan ikut program Intensif Master Fakultas Ekonomi Bisnis UI. Gak tanggung-tanggung dia langsung punya target buat masuk PTN

“Bapak kami pengangguran, ibu di kampung, kami bertiga saja tinggal di Depok. Saya, ayah, dan Dodo. Rumah kontrak sebulan Rp 600 ribu,” kata Adik kandung Dodo, Yusdika Alam Cordova. Dika, begitu adik Dodo akrab disapa, menjelaskan bahwa mereka hijrah ke Depok selama setahun terakhir. Dodo pun menuntaskan pendidikan SMA di Sekolah Master. “SMA kelas 3 di Master. Pindah-pindah, sih. SD sempat di Malang, Bondowoso, Trenggalek, pindah ke Lampung. Lalu SMP sempat di Lampung hingga SMA,” kata Dika.

Akhirnya, dengan tekad yang bulat, dan kemauan yang besar. Dodo berhasil masuk UI lewat jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Gokil ya! Eh ada cerita kocak nih. Jadi sebelum si Dodo keterima UI, dia sempet kena razia sama Satpol PP, aduh Do, untung keterima, kalo gak, galaunya dobel deh

Pola belajar yang dilakukan Dodo biasanya pukul 03.00 WIB bangun untuk salat tahajud dan diteruskan dengan belajar. Setelah salat Subuh, Dodo sudah keluar rumah untuk mengamen.

“Mengamen sampai jam sembilan atau sepuluh lalu pulang siap-siap berangkat sekolah siang. Pulang setengah lima sore, malam belajar lagi,” ungkapnya.
“Saat ini saya bersyukur dan sedang upayakan urus berkas administrasi masuk UI dengan beasiswa serta bayaran sistem Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) biaya pendidikan nol rupiah. Ini saya sudah bertemu dengan pihak UI, tentu orangtua bangga,” kata Dodo.

Kisah macam si Dodo kaya gini semoga gak cuma jadi berita biasa, tapi bisa jadi renungan kalo modal semangat dan niat tuh bisa raih cita-cita, ternyata bukan sekedar dongeng. Kamu tau kan susahnya masuk PTN kaya apa. sorry ya jadi sok bijak, haha.

(Visited 534 times, 2 visits today)

Leave a Reply

*