Home > STARTUP > Entrepreneur = Menyelesaikan Masalah, Bukan Untuk Kaya

Entrepreneur = Menyelesaikan Masalah, Bukan Untuk Kaya

Sejak sekitar 5 tahun lalu, banyak yang berbondong-bondong mau jadi entrepreneur. Ketika ditanya kenapa, jawabannya: “Keren”, “Jadi Boss untuk diri sendiri alias ngga diatur-atur orang lain”, “Mulia karena mempekerjakan orang lain”, dan “Untuk kaya”.

billyboen1Ini rata-rata jawaban orang-orang yang saya temui. Jarang banget ada yang bilang, “Untuk bisa menyelesaikan masalah yang ada”, atau “Supaya bisa bermanfaat untuk banyak orang.” Padahal, di dalam ilmu dasar bisnis: Semakin besar sebuah permasalahan yang bisa diselesaikan oleh produk maupun jasa kita, maka perusahaan kita pun akan semakin besar. Dengan kata lain, kalau semakin banyak orang yang memerlukan jasa dan produk kita, berarti jasa dan produk kita itu bermanfaat untuk mereka dan bisa menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, berarti perusahaan kita pun akan semakin besar.

Jadi, kalau mau jadi entrepreneur sukses, cukup menjadi orang yang peka terhadap keadaan. Coba liat di sekitar kamu ada masalah apa yang bisa kamu bantu selesaikan. Semakin besar masalahnya, akan semakin rumit cara penyelesaiannya, tapi ini juga akan membuat kamu akan bisa semakin ‘besar’ sebagai entrepreneur.

Semua entrepreneur sukses punya visi yang mulia, ya itu tadi: untuk menyelesaikan masalah. Sergey Brin dan Larry Page ngebuat Google bukan untuk kaya, tapi untuk biar banyak orang di dunia ini bisa belajar dari manapun asalkan terkoneksi dengan internet. Mulia kan visinya? Uang mengikuti dengan sendirinya..

Mau kaya? Boleh. Bagus malah, karena semakin kaya kita, semakin banyak juga yang bisa kita bagikan (bukan berarti ngga kaya ngga bisa berbagi loh ya). Caranya gimana? Gampangggggg.. Jadilah berkat dan bermanfaat untuk banyak orang.


@BillyBoen

(Visited 1,387 times, 2 visits today)
You may also like
Cerita Banting Stir Karyawan Jadi Pengusaha
Karya Penulis Cilik Indonesia Muncul di Amazon
Startup Dana Terbatas? Coba Lakukan “Growth Hacking”

Leave a Reply

*