Home > GAYA > Gak Ingat Mimpi Semalam, Tandanya Otakmu Gak Aktif Lho!

Gak Ingat Mimpi Semalam, Tandanya Otakmu Gak Aktif Lho!

Bro tahu gak, orang yang mampu mengingat mimpinya dengan baik berarti memiliki otak yang aktif. Menurut para peneliti, otak yang aktif itu berguna untuk menyimpan informasi lebih banyak dibanding otak yang tidur.

Secara langsung, tidur pun bisa jadi solusi tepat untuk memecahkan masalah serta bisa digunakan untuk mempelajari beberapa hal baru yang ditemui sebelum tidur. Apalagi, orang yang mengingat mimpinya juga cenderung reaktif terhadap suara sehingga lebih peka dan mudah terbangun saat tidur.

Di sisi lain, mimpi juga dapat menyatakan kondisi alam bawah sadar mengenai hal yang mungkin selama ini gak kamu sadari. Jadi, pasti banyak keuntungan yang bsa kamu dapat dari bisa mengingat mimpi kan?

Nah Bro, buat kamu yang selama ini kesulitan mengingat mimpi padahal terasa penting, bisa kok mulai melatihnya. Hal ini bisa berdampak baik bagi kesehatan sekaligus melatih otakmu agar tetap aktif. Mau tahu bagaimana caranya? Ini dia:

1. Atur Waktu Tidur

Semua orang akan mencapai fase dan kondisi tidur tertentu yang membuatnya bisa bermimpi. Hanya saja, kondisi ini gak bisa dikenali jika waktu tidurmu kacau. Jadi, atur waktu tidurmu sehingga datangnya mimpi bisa terpola.

2. Jangan Mengabaikan Rasa Lelah

Tubuh yang lelah tapi diabaikan dengan tetap memaksakan diri melakukan berbagai aktivitas bisa memicu kelelahan di otak. Meskipun otak tidak pernah berhenti bekerja, tapi caramu ini bisa membuat kinerjanya lebih pasif sehingga sulit mengingat mimpi.

3. Latih Jam Tubuh

Jam tubuh perlu dilatih agar disiplin dan mandiri. Orang yang bisa terlelap dengan cepat, tidak pernah kesulitan untuk tidur, dan menggantungkan dirinya bangun dengan alarm bisa dipastikan tidak dapat mengingat mimpi. Tidurlah begitu terasa kamu mengantuk, pejamkan mata sekalipun rasa kantuk tadi mulai menghilang, dan bangunlah saat kamu memang butuh bangun tanpa pakai alarm.

4. Tenangkan Pikiran dan Rekam Sekitarmu

Perlu ketarampilan untuk dapat mengingat mimpi, dan ini bisa kamu latih dengan merangsang otak agar lebih aktif. Selepas kerja di sore hari atau beberapa jam sebelum tidur, coba keluar rumah dan lihat pemandangan.

Rekam segala hal yang kamu lihat: Apa warna langit, ada siapa di luar rumah, baju apa yang mereka pakai, atau berapa banyak pot bunga di halaman. Identifikasi segala hal dengan rinci lalu catat dalam buku sesuai ingatanmu. Mengingat detil sehari-hari yang kamu alami akan mempermudahmu mengingat rincian mimpi.

5. Perhatikan Posisi Tubuh dan Pikirkan Mimpi

Jika kamu terbangun di tengah mimpi, coba untuk tidak segera mengubah posisi dan jangan memilikirkan hal lain.  Pikirkan mimpimu, meskipun itu hanya sedikit ingatan tentang perasaanmu dalam mimpi. Jika mimpi tak segera teringat dalam beberapa detik, cepat ubah posisi tubuhmu pelan-pelan ke arah berlawanan agar dapat mengingat kembali mimpi.

6. Hindari Penyebab Tidur Lelap dan Siapkan Catatan

Alkohol, beberapa jenis makanan yang membuatmu terlelap, juga obat penenang sebaiknya dihindari agar kamu bisa mengingat mimpi. Selain itu, siapkan catatan juga di sisi tempat tidur agar kamu segera bisa mencatat beberapa fragmen mimpi yang teringat. Menulisnya akan membantumu mengumpulkan ingatan.

Jadi, siap mengingat mimpimu nanti malam Bro?

 

(Visited 250 times, 2 visits today)

Leave a Reply

*