Home > HOBI > Gunung Ijen, Pesona Alam Tercantik Kepunyaan Banyuwangi

Gunung Ijen, Pesona Alam Tercantik Kepunyaan Banyuwangi

Bagi kamu yang suka mendaki, apakah kamu sudah menjelajahi Gunung Ijen bagi yang sudah mungkin punya pengalaman yang menarik tentang Gunung Ijen, bagi yang belum pernah kesana garagara kasih reviewnya pesona cantik Gunung Ijen dari Banyuwangi.

Gunung Ijen adalah gunung api yang masih aktif yang terletak di kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak empat kali yakni pada 1796, 1817, 1913, dan 1936. Gunung Ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl.


Kawah Gunung Ijen

Gunung Ijen paling terkenal dengan kawahnya. Kawah Ijen adalah danau kawah terbesar di dunia. Kawah tersebut memiliki kedalaman 200 meter dan 5466 Hektar serta memiliki ketinggian 2.368 mdpl dan pengelolaan kawah Ijen tersebut masuk dalam Cagar Alam Taman Wisata Ijen, Bondowoso.

Kawah-Ijen

Kawah Gunung Ijen

Kawah Ijen terkenal dengan hasil alam berupa batu belerang dan api abadi-nya. Jika kita ingin melihat api abadi gunung Ijen kita harus siap-siap melakukan pendakian pada pagi hari sekali. Hal tersebut dikarenakan api biru hanya terlihat pada dini hari saja.


Solfatara

Sebenarnya di tengah Kawah Ijen masih terdapat objek wisata yang menakjubkan yang berupa dinding danau Kawah Ijen berbentuk lapangan solfatara kemudian di bagian barat terdapat sebuah danau yang merupakan hulu dari Kali Banyuwangi tetapi tidak semua orang berkesempatan untuk menikmatinya karena jalan menuju lapangan solfatara sangatlah sulit untuk ditempuh karena berbahaya.
solfatara

Solfatara


Blue Fire

Selain itu feneomena lainnya yang gak kalah menarik dari Gunung Ijen adalah BLUE FIRE atau api biru, yang muncul di tengah area penambangan sulphur, dan hanya bisa dilihat saat malam hari hingga menjelang dini hari.

Blue Fire Gunung Ijen

Blue Fire Gunung Ijen


Rute Perjalanan Dari Banyuwangi

Nah ini alur transportasi untuk menuju Gunung Ijen dimulai radi stasiun Karangasem.

Banyuwangi: turun station Karangasem, lalu naik ojek atau angkutan menuju Ds. Banyusari, Kecamatan Licin. Kemudian dilanjutkan menuju Paltuding/Pos PHPA (Perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam)

Bondowoso: Bondowoso – Wonosari – Tapen – Sempol – Paltuding

Pendakian gunung Ijen relatif cepat, tidak memakan waktu banyak. Diperlukan 2-3jam untuk sampai di puncak Kawah Ijen. Jarak yang ditempuh dari pos pendakian Paltuding sampai ke kawah adalah 3 km dengan kondisi jalan menanjak hingga 25-30 derajat kemiringannya dengan jalan berupa tanah berpasir dan batu halus.

free

Rute dari Banyuwangi

Di 1,5 km pertama kita akan menjumpai Pos Bundar alias jalan yang bentuknya bundar. Nah, di sini kita bisa beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan. Lekas setelah Pos Bundar trek selanjutnya agak landai dan mudah. Sesampainya di puncak Gunung Ijen kita harus menuruni trek batu yang terjal untuk menuju bibir Kawah Ijen.

INFO: Agar bisa melihat api abadi gunung Ijen pendakian dilakukan sekitar pukul 02.00-02.30 WIB.

INFORMASI TENTANG GUNUNG IJEN
Nama: Gunung Ijen
Pengelola: Cagar Alam Taman Wisata Ijen
Ketinggian: 2.443 mdpl
Lokasi: Banyuwangi
Jalur pendakian: Banyuwangi, Bondowoso
Letusan terakhir: 1999 

TIPS PENDAKIAN

  1. Pilihlah hari yang bagus untuk mendaki, usahakan jangan waktu hujan
  2. Latihan fisik sebelum hari H
  3. Pakai pakaian pendaki gunung atau pakaian yang hangat
  4. Jangan sepelekan keselamatan. Bawa makanan dan air secukupnya jangan terlalu sedikit dan jangan terlalu banyak. Yang paling penting jangan melanggar peraturan dan jangan buang sampah di gunung
  5. Untuk pendakian Ijen kita bisa naik pagi dini hari pukul 02.00 untuk bisa melihat api abadi dan sunrise

@berbagaisumber

 

(Visited 1,542 times, 63 visits today)

1 Response

Leave a Reply

*