Home > HOBI > Kalo Dilihat Seperti Nasi Goreng, Tapi Ini Adalah Escamole!!!

Kalo Dilihat Seperti Nasi Goreng, Tapi Ini Adalah Escamole!!!

Caviar Escamole

Caviar Escamole merupakan salah satu hidangan khas Meksiko yang berbahan dasar serangga.Hidangan ini berisikan larva semut jenis genliometopum yang diambil dari akar tumbuhan agave yang banyak tumbuh di Meksiko. Konon escamole sudah ada sejak ratusan tahun lalu dan menjadi salah satu sajian yang digemari oleh masyarakat Aztek.

huevos-de-hormiga-3Larva semut merupakan sumber makanan yang kaya protein seperti hampir semua serangga. Peneliti pangan menjelaskan bahwa dalam larva tersebut mengandung sedikit lemak, vitamin dan mineral. Meskipun tidak lazim dikonsumsi, penikmat escamole tetap banyak karena harganya tidak terlalu mahal.

Masyarakat Meksiko biasa memasak escamole dengan cara sederhana. Larva semut yang sudah dicuci bersih direbus dalam sebuah kuali tanah liat berukuran besar. Setelah itu ditambahkan minyak goreng, bawang putih, lemon, bawang merah cincang, garam dan bumbu lainnya. Mereka biasa menyajikannya saat masih panas dengan beberapa lembar tortilla. Hidangan ini juga bisa ditambahkan guacamole atau menjadi isian nachos atau tacos.

Caviar Escamole

Caviar Escamole

Saat menyantapnya pertama kali pasti teksturnya sedikit berbeda. Rasanya mirip seperti keju dan memiliki rasa buttery seperti kacang bercampur dalam mulut. Karena kadar kolesterol yang hampir tidak ada, jadi bila Anda mengidap darah tinggi tak perlu khawatir untuk mengkonsumsinya.

(Visited 274 times, 7 visits today)

Leave a Reply

*