Home > School Zone > College - MAHASISWA > kisaran harga kos mahasiswa di berbagai kota besar Indonesia

kisaran harga kos mahasiswa di berbagai kota besar Indonesia

Mahasiswa, tentunya bagi para mahasiswa perantau khususnya wajib bagi mereka mencari yang namanya kos-kosan. Ya, alasannya sangat sederhana memudahkan mereka menuju ke kampus mereka. Karna banyaknya kos-kosan dan variatif pula harga dan fasilitasnya kadang membingungkan para mahasiswa memilih seperti apakah kos-kosan yang sesuai budget tapi nyaman. Berikut garagara kasih kisaran kos-kosan diberbagai daerah yang mungkin bisa kamu perhitungkan.

1. Yogyakarta

Sebagai kota pelajar tentunya ratusan kosan tersebar di berbagai kawasan Yogyakarta. Harga untuk kamar standar 3×3 meter dengan isi kasur dan lemari berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 400.000. Namun jika kamu ingin yang lebih murah bisa masuk-masuk ke gang dengan harga miring sekitar Rp 250.000.

2. Surabaya

Memiliki beberapa kampus terkenal seperti Unair, Unesa dan ITS tentu menjadi tujuan bagi kebanyakan mahasiswa luar kota. Harga kosannya juga beragam namun lebih mahal dari Yogyakarta. Untuk kamar standar biasanya dipatok harga Rp 350.000 hingga Rp 500.000.

3. Malang

Sama seperti Yogyakarta Malang disebut-sebut sebagai kota pelajar tujuan orang-orang timur. Harga kosnya sendiri cenderung murah jika dibandingkan kota-kota besar lainnya. Kisaran harganya sekitar Rp 250.000 hingga Rp 350.000. Bahkan jika kamu mau masuk-masuk gang dan mengontrak dengan banyak teman kamu bisa mendapatkan harga kos hanya Rp 2 juta per tahun. Enak kan?

4. Bandung

Kota tempat bernaungnya ITB, Unpad dan IPB ini ternyata memiliki harga kosan yang hampir sama dengan Surabaya. Yakni sekitar Rp 350.000 hingga Rp 500.000. Apalagi Bandung biasanya menjadi tujuan anak Jakarta sehingga harga kosnya bisa menjadi sama dengan kota metropolitan.

5. Jakarta

Jakarta mungkin bisa ditetapkan kota termahal bagi para perantau. Untuk mendapatkan kos dengan kamar standar saja kamu harus merogoh kocek sekitar Rp 500.000 hingga Rp 700.000. Apalagi jika kamu ingin fasilitas tambahan seperti kamar mandi dalam dan AC harganya bisa dua kali lipat berkisar di atas Rp 1 juta.

6. Medan

Medan memiliki beberapa universitas bagus yang menjadikannya tujuan bagi perantauan dari pulau Sumatera. Menjadi anak kos di sana juga nyaman-nyaman saja karena harga makanan di sana lumayan murah dan kosnya juga sama dengan di Jawa yakni sekitar Rp 300.000 – Rp 400.000.

7. Palangkaraya

Jika kamu ingin merantau ke Kalimantan maka kamu harus menyiapkan kocek yang cukup banyak. Pasalnya selain harga makanan yang mahal, harga kos di sana juga cukup mahal. Hampir menyerupai Bandung dan Jakarta yakni sekitar Rp 500.000.

(Visited 657 times, 8 visits today)

Leave a Reply

*