Home > HOBI > Makanan Legendaris Khas Surabaya, Pecel Semanggi

Makanan Legendaris Khas Surabaya, Pecel Semanggi

Semanggi adalah jenis tanaman yang daunnya bisa dimakan. Sama halnya seperti kangkung, bayam, daun pepaya, dan dedaunan lain yang biasa dimasak sayur. Bentuk daunnya seperti lambang keriting pada kartu remi. Di Indonesia sangat mudah ditemukan di pematang sawah atau di tepi-tepi sungai. Semanggi bisa diolah menjadi urap-urap, oseng-oseng atau paling sering semanggi diolah menjadi pecel.

Pecel Semanggi Khas Surabaya
Sebenarnya semanggi adalah makanan khas Jawa Timur, tidak hanya di Surabaya, pecel semanggi juga bisa ditemukan di kota-kota Jawa Timur lainnya seperti Banyuwangi dan Kediri.
Yang berbeda dan khas dari semanggi Surabaya ini, pertama dari bumbunys. Jika pecel umumnya berbahan dasar kacang, bumbu semanggi Surabaya menggunakan bahan dasar ‘telo’ alias ubi jalar. Sehingga rasanyapun khas manis ubi jalar dengan tekstur yang sangat lembut.
Kedua, semanggi surabaya hanya dihidangkan bersama kecambah dan kerupuk puli. Kerupuk yang umumnya terbuat dari sisa nasi yang dimasak ulang.
Makanan Legendaris
Meskipun khas Surabaya, tidak semua daerah ditemukan penjual semanggi Surabaya. Satu-satunya daerah yang menjadi sentra penjual semanggi hanya di kawasan Benowo. Daerah dekat perbatasan Surabaya-Gresik. Tepatnya di kampung Kendung.

Penjual Pecel Semanggi

Penjual Pecel Semanggi

Banyak warga kendung yang memang sengaja membudidayakan semanggi. Sementara sebagian lainnya sebagai penjual semanggi keliling.

Tampilan penjual semanggi sangat khas. Mereka umumnya memakai baju tradisional khas Jawa Timur, kebaya dan jarik disertai gendongan untuk memanggul bakul tempat menjajakan semanggi. Mereka berjalan menyusuri kampung-kampung dan perumahan dengan suara melengking yang khas menyeru, Semanggiiiiiiiiii.

Penjaja ini akan selalu mengingatkan warga Surabaya dengan lagu keroncong legendaris mereka era 50-an dengan judul yang sama persis dengan nama makanan ini, Semanggi Suroboyo yang isi lagunya juga tak jauh dari penggambaran makanannya.


@beehijab

(Visited 714 times, 11 visits today)

Leave a Reply

*