Home > POPULER > #MaryJaneLive Jadi Trending Topic

#MaryJaneLive Jadi Trending Topic

Penundaan eksekusi mati terhadap buruh migran asal Filipina, Mary Jane Veloso, disambut dengan kelegaan dan syukur di media sosial dengan tagar #MaryJaneLives.

Keputusan untuk menunda eksekusi diumumkan di menit-menit akhir karena adanya permintaan dari presiden Filipina. Permintaan disampaikan setelah seseorang yang diduga menjebak Mary Jane untuk membawa heroin ke Indonesia si penjebak tersebut menyerahkan diri kepada polisi di Filipina.

Tagar #MaryJaneLives mulai dipakai Rabu (29/04) dini hari, sekitar pukul 00.30 WIB, setelah kabar penundaan eksekusi merebak di media sosial.

Hingga pukul 09.00 WIB, tagar itu sudah digunakan lebih dari 60.000 kali dan menjadi topik populer di Filipina dan Indonesia.

Di Indonesia, jaringan buruh migran (JBMI) yang secara terus menerus menyuarakan agar Mary Jane tak dieksekusi mati karena dianggap korban juga menyambut sukacita keputusan ini.

Salah seorang aktivis JBMI, Iweng Kersiweng, mengaku senang atas keputusan ini. Menurutnya, dia dan kawan-kawan tidak sia-sia di mana hampir sebulan ini mengunjungi beberapa gereja, organisasi, lembaga negara dan melobi pemerintah untuk menghentikan eksekusi Mary Jane.

β€œSaya bersama teman-teman sangat senang sekali keputusan yang sementara ini”

kata Iweng Kersiweng di Dermaga Wijayapura, Cilacap, Jawa Tengah, Rabu (29/4/2015) dini hari.

Tagar #BiarkanHidup yang juga disuarakan JBMI sejak sehari ini untuk meminta Presiden Jokowi tak mengeksekusi Mary Jane, kembali menduduki tranding topic nomor 1 jelang pagi ini.


@metrosatu.com & @tribunnews

(Visited 153 times, 1 visits today)

Leave a Reply

*