Home > STARTUP > Miliki 21.000 member, Jalan2.com ingin menjadi komunitas wisata terbesar di Indonesia

Miliki 21.000 member, Jalan2.com ingin menjadi komunitas wisata terbesar di Indonesia

Jalan2.com adalah sebuah situs dimana pengguna dapat mengulas tempat wisata di Indonesia dan luar negeri. Di situs tersebut, pengguna dapat menemukan ulasan tempat wisata yang berada di 24 negara dan 242 kota.

Walau masih melalui masa beta, forum Jalan2.com saat ini telah mengumpulkan 21.000 member. Di halaman utama Jalan2.com, pengguna dapat melihat info mengenai berbagai tempat dan aktivitas wisata dengan alamat dan ulasan dari kontributor. Pengguna dapat memilah tempat dan aktivitas tersebut dengan lebih mendalam menggunakan kategori berupa wisata alam, wisata budaya, wisata keluarga, wisata petualangan, negara, dan kota yang diinginkan.

Di dalam halaman ulasan tempat wisata, pengguna dapat memberikan komentar mereka mengenai tempat wisata tersebut dan penilaian berupa sejumlah bintang. Untuk ikut memberikan komentar dalam artikel ini, pengguna dapat mendaftarkan diri dengan email atau sign in melalui Facebook terlebih dahulu. Pengguna juga dapat menemukan referensi tempat wisata terdekat di kota yang sama di samping kanan artikel ulasan.

Forum Jalan2.com Di halaman utama, pengguna juga dapat melihat link menuju forum diskusi situs Jalan2.com. Di forum ini, para pengguna dapat saling berinteraksi dengan saling berbagi info dalam forum yang bervariasi. Saya melihat ada sub-forum yang khusus membahas tempat wisata di tiap daerah di Indonesia, dan ada juga forum yang membahas mengenai fotografi saat berwisata. Sub-forum lain yang menarik adalah forum informasi promo tiket pesawat, restoran, kereta api.

Beberapa fitur lain juga tersedia di forum diskusi ini, seperti blog wisata pribadi yang dapat ditulis oleh pengguna terdaftar, halaman berbagi foto dan video pengalaman wisata, serta fitur kalendar komunitas, dimana pengguna Jalan2.com dapat merencanakan wisata bersama pengguna lain atau mencari tahu event-event wisata yang terdekat. Jalan2.com juga menjalankan sistem poin reward bernama “rupiah” di forum. Poin tersebut dapat dikumpulkan member forum dengan aktif mencantumkan topik baru atau mendapat “likes” dari member lain.

Poin tersebut dapat ditukarkan dengan merchandise dari Jalan2.com pada tahun 2014. Rudy Hadisentosa, webmaster dari Jalan2.com, mengaku startup ini bermula dari keinginannya untuk membuat sebuah wadah bagi pecinta jalan-jalan di Indonesia. Rudy ingin agar wadah tersebut menampilkan info wisata yang lengkap dimana pengguna dapat saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Startup ini berfokus untuk menjadi komunitas jalan-jalan terbaik dan terbesar di Indonesia. Saat ini Jalan2.com bekerja sama dengan situs Agoda dengan menampilkan fitur pemesanan hotel di halaman utama Jalan2.com.

Situs ini juga memonetasi bisnis mereka melalui AdSense. Jalan2 berencana untuk keluar dari versi beta dan meluncurkan situs mereka pada bulan Maret 2014. Startup ini adalah salah satu wadah yang menarik bagi para pecinta wisata yang membutuhkan informasi. Pengguna yang beraspirasi menjadi travel writer juga dapat mengasah kemampuan menulis mereka dan memperluas pengetahuan bersama wisatawan lain. Saya harap dengan komunitas yang kuat dan aktif, Jalan2.com dapat terus mengembangkan fitur ulasan mereka menjadi lebih terperinci.


@id.techinasia.com

(Visited 231 times, 3 visits today)

1 Response

Leave a Reply

*