Home > School Zone > College - MAHASISWA > Oh Gini Ya Rasanya Mengulang Mata Kuliah

Oh Gini Ya Rasanya Mengulang Mata Kuliah

Garagara lagi pengen bahas tentang kuliahan nih, kamu yang mengenyam dunia perkuliahaan ada yang pernah mengalami mengulang mata kuliah?. Nah garagara pengen bahas itu, rasanya mengulang mata kuliah bagi kamu yang belum pernah ngerasain atau yang sudah pernah ngerasain rasanya mengulang mata kuliah.

Dari pengamatan garagara, biasanya mahasiswa yang ngulang mata kuliah karna ada beberapa alasan, contohnya :
1. Tidak lulus di mata kuliah tersebut
2. Pengen mempebaiki nilai
3. Suka sama mata kuliahnya, tapi jarang terjadi model begini

Sepertinya sampai saat ini masih banyak di kalangan mahasiswa yang beranggapan mengulang mata kuliah adalah sesuatu yang hina atau memalukan. Bagi mereka yang alergi sama yang namanya ‘gagal’, bagi mereka yang lebih memilih mundur daripada harus maju dan mengambil resiko, dan bagi mereka yang selalu berfikiran sempit tanpa mau memaknai segala sesuatunya dari sisi yang berbeda hal tersebut dimaklumi juga sering terjadi.

Intinya mengulang bukan berarti cuma alasan bodoh atau malas, kita gak bahas itu, kita bahas rasanya aja ya. Yuk bahas rasanya mengulang mata kuliah cekedot :

Punya rasa malu, bagi yang mendapat nilai D atau E

Perasaan malu pasti ada dan wajar, ditinggal teman ke mata kuliah lainnya sementara kita malah mundur ke mata kuliah lama untuk mengulang.

Merasa malu wajar, semua itu bakalan hilang kok karna nanti kamu punya temen baru dengan adik kelas di matakuliahmu, enjoy aja.

Perasaan senang bagi yang cinta mati sama mata kuliah tersebut

Punya rasa seneng saat mengulang mata kuliah ya sedikit aneh si, tapi beralasan juga mungkin karna dia suka sama pelajarannya ingin digeluti lagi padahal nilainya sudah B, atau dia pengen ketemu gebetannya ade kelasnya setiap hari hehhehe.

Semangat, bagi yang ingin menyempurnakan nilai

Nah ini alasan yang wajar, punya rasa semangat buat perbaikin nilai. Iyalah kalo udah nilai kurang bagus bawaannya males-malesan juga pergi aja lo kelaut..!!!

Merasa Asing Dan Tak Berkawan

Hal ini juga wajar bagi kamu yang sedang mengalami mengulang mata kuliah, dengan kamu mengulang otomatis lingkungan pertemanan kamu adalah teman-teman yang baru dengan adik kelas kamu dan itu perlu proses perkenalan dari awal lagi, ya untuk beberapa hari kamu merasa asing dan gak punya temen, tapi lama kelamaan kamu bakal akrab sama mereka.

Merasa tua tapi muda

Yah, namanya juga sekelas sama adik kelas, mau gak mau pasti merasa beda umur. Tapi gak masalah kalo kamu punya muka yang relatif muda tapi umur tua, jadi gak merasa tua banget hehe, ukuran umur kamu yang mengulang sama adik kelas juga gak beda jauh kok paling 1 atau 2 tahun, kalo beda umur jauh lebih dari 5 tahun berapa perlu dipertanyakan kemahasiswaannya tuh hehehe

Dihormati tapi bersahabat

Adik kelas sekarang mah udah berfikir dewasa, mereka kalo ada orang asing yang gak dikenal berada di kelas mereka pasti tanpa diomongin juga udah tau kemungkinan adalah karna alasan mengulang mata kuliah, biasanya bagi kita yang mengulang kalo kita bawaannya asik ke mereka para adik kelas ini juga malah akrab kok sama kita, menghormati juga sama yang lebih tua, diajak nongkrong juga.

Terkadang, jadi tempat curhat

Yang dipikiran kita sosok yang lebih tua itu pasti punya pengalaman yang lebih entah itu pengalamn yang buruk atau baik, jadi mau gak mau adik kelas ini kadang kita yang sedang mengulang, lupa akan status mengulang kita mereka lebih asik menjadi tempat obrolan ke kita kakak kelas dari mulai saling tukar pikiran maupun pengalaman kuliah baik buruknya, terkadang juga menjadi curhat masalah pribadi mereka, karna mereka menggap orang yang lebih tua bisa kasih nasihat yang pas karna pengalamnnya itu.

Menjadi akrab dengan adik kelas

So pasti dari semua alasan di atas dampaknya adalah kita jadi akrab denga adik kelas, mereka pun jadi akrab dengan kita, Jadi tetap nikmati apa yang jadi jalan tempuhmu ya.

Mendapat perhatian lebih dari dosen

“gimana, udah paham belum?”
“masih inget kan yang dipelajari dulu?”
“dulu kan udah pernah dibahas, coba buka lagi file yang dulu?”
“nggak susah kan? kamu tinggal mereview aja, sama kok kayak yang dulu dibahas.”
Nah itu sepenggal perbincangan dari dosen ke kita ini yang sedang mengulang, intinya tanamin di pikiran kita, Never Give Up

Tak jarang mendapat ejekan dari teman seangkatan, meskipun hanya sebatas bercanda

“ciee yang ngulang.”
“hari gini masih mikirin ..*sebut mata kuliah*”
“loh kamu ngulang? itu mata kuliah gampang.”

Itu juga sepenggal ejekan dari temen kita, tapi selow aja selama kita bawaannya santai semua dihadapi dengan langkah demi langkah.


wisuda

Dari semua itu perasaan yang paling besar adalah rasa malu, itu sangat wajar kita sebagai manusia kok. Justru dengan mengulang begitu kamu jadi nanti suatu saat gak kaget dan gak malu dengan yang namanya kegagalan selama kamu bangkit lagi loh….


@anjarasmoro

(Visited 1,327 times, 13 visits today)
You may also like
Fenomena “Kerdus” di Sekolah

Leave a Reply

*