Home > POPULER > Pesawat Rancangan Habibie Segera Lepas Landas

Pesawat Rancangan Habibie Segera Lepas Landas

Seperti di film Habibie & Ainun disitu diceritakan bagaimana sang kreator pesawat dari tanah air Habibie memeperjuangkan rancangan pesawatnya untuk bisa lepas landas di bumi tanah air Indonesia. Singkat cerita dikemudian hari pesawat tersebut tidak mendapatkan dukungan pengembangan. Ya begitulah yang namanya perjuangan gak semuanya selalu disambut dengan dukungan. Ok itu masa lalu lets move on.

Disisi lain diberitakan bahwa pesawat terbang rancangan mantan Presiden RI BJ Habibie bertajuk Regio Prop 80 (R80) akan mulai dibuat pertengahan 2016 mendatang.

Dilansir dari Rimanews.com Pesawat R80 sebelumnya ditargetkan mulai terbang pada 2019, tetapi karena masalah teknis, Ilham memperkirakan pesawat tersebut baru siap diterbangkan pada 2021.

“Semoga pertengahan tahun depan sudah tuntas semua (desainnya) sehingga pertengahan tahun depan kami sudah mulai membuat prototipe (purwarupa). Masih lama dari segi desain,” ujar Komisaris PT Regio Aviasi Industri (RAI) Ilham Habibie di Jakarta, Rabu (29/07/2015).

Terdapat tiga perusahaan penerbangan yang memesan pesawat itu mencapai total 145 unit, yakni dari Kalstar Indonesia, Nam Air dan Trigana Air.

Sementara itu ada tiga kandidat perusahaan pembuat mesin pesawat yang akan dipilh yaitu Rolls Royce asal Inggris, Pratt and Whitney asal Amerika Serikat serta General Electric asal Amerika Serikat.

Yah, good news buat industri penerbangan negri kita semoga berjalan dan bukan sekedar wacana.

(Visited 405 times, 14 visits today)

Leave a Reply

*