Home > GAYA > Pukul 21:00 – 05:00, Benarkah Ini Waktu Terbaik untuk Tidur?

Pukul 21:00 – 05:00, Benarkah Ini Waktu Terbaik untuk Tidur?

Sejauh ini, topik tidur selalu menarik untuk dibahas karena banyak orang yang gak punya cukup waktu untuk tidur. Apalagi sampai memikirkan kapan mereka sebaiknya tidur.

Kebenarannya, tidur yang baik bisa kamu dapatkan dalam rentang 7 hingga 8 jam. Tapi masalahnya, apakah tidur pukul 2 pagi dan baru bangun pukul 9, sama baiknya dengan tidur pukul 11 malam dan baru bangun pukul 7? Yuk, kita lihat kebenarannya berdasar ilmu pengetahuan!

Secara garis besar, para ahli menyimpulkan bahwa masalah tidur tergantung pada faktor genetik seseorang. Tapi secara umum, tidur lebih cepat tentu lebih baik.

Berdasar studi yang diterbitkan dalam jurnal penelitian Springer’s Cognitive Therapy, ditemukan bahwa orang yang mengatakan dirinya “orang malam” akan merasakan aura negatif lebih besar serta pikiran yang terganggu dibanding “orang pagi” yang  biasa tidur lebih awal.

Studi lain di Jepang juga menemukan bahwa pekerja yang tidur lebih larut menunjukkan gejala depresi lebih tinggi dibanding yang tidur lebih awal. Menurutnya, ini karena tidur lebih cepat mampu menangkal penyakit mental.

Seorang pakar tidur di Amerika mempertegas hal tersebut: waktu tidur yang optimal sebenarnya dimulai sejak pukul 20:00-4:00, karena ritme tubuh alami manusia akan meniru matahari yang telah menghilang dan bersiap muncul.

Sebagaimana dilansir Time.com, hal ini pun disetujui oleh Dr Matt Walker, pimpinan Sleep and Neuroimaging Lab di University of California. Ia mengatakan bahwa tubuh akan berfungsi optimal sekitar 4 jam di malam hari saat seseorang tertidur, waktu terbaiknya antara pukul 8 hingga 12 malam.

Oleh karena itu, mengingat kebiasaan tidur tiap orang berbeda-beda, berbagai studi dan opini profesional menyimpulkan:

Jika kamu cenderung belum mengantuk sebelum pukul 11 malam, jangan memaksakan diri untuk tidur jam 8 dengan harapan bisa bangun awal dan merasa lebih segar! Kemungkinan besar ini malah jadi bumerang karena kamu justru terbangun dengan perasaan gelisah dan tidak menentu, dibanding jika tidur secara alami saat kamu mulai ngantuk.

Tentukan pukul berapa kamu perlu bangun, dan kurangi 7-8 jam dari waktu yang kamu inginkan, lalu tambahkan 15 menit untuk persiapan tidurnya. Lakukan ini selama 10 hari agar tubuhmu terbiasa bangun tepat waktu, bahkan sebelum alarm berbunyi!


@lintas.me

(Visited 189 times, 3 visits today)

Leave a Reply

*