Home > GAYA > Rokok daun lontar khas sumbawa

Rokok daun lontar khas sumbawa

Rokok Jontal merupakan rokok khas masyarakat di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Pada jenis rokok ini, tembakau dibungkus dengan daun lontar. Pohon lontar ( Borassus flabellifer ) adalah sejenis palma (pinang-pinangan) yang tumbuh di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Jenis pohon ini memang banyak ditemukan di Sumbawa, wajar bila jenis tanaman ini banyak mewarnai budaya sehari-hari masyarakat Sumbawa –termasuk soal rokok.

Kegiatan ngelinting Rokok daun lontar

Kegiatan ngelinting Rokok daun lontar

Situs Indonesia Kaya memuat proses pembuatan rokok jontal. Sebelum dijadikan “kertas” pembungkus tembakau, daun lontar dibersihkan dengan menggunakan parang atau pisau. Ini dilakukan guna membersihkan bulu-bulu halus yang melekat pada daun. Setelahnya, daun dipotong sepanjang 10-20 centimeter, dan lebar ukuran sekitar 3 jari. Dua potongan daun lontar biasanya sudah bisa dijadikan untuk menggulung tembakau.

Gulungan tembakau berbungkus daun lontar itu akan diikat dengan menggunakan daun lotar yang lebih kecil. Menurut beberapa orang yang pernah mencicip rokok jontal, lebih lebih keras dibanding rokok kemasan.

(Visited 790 times, 11 visits today)

Leave a Reply

*