Home > POPULER > Selain Indah, Mitos Manfaat Batu Akik Juga Menarik Peminat

Selain Indah, Mitos Manfaat Batu Akik Juga Menarik Peminat

Tak hanya mengagumi keindahan akan bentuk, motif, dan warna-warninya, para pemburu batu pun mempertimbangkan “mitos-mitos” yang berkembang di masyarakat seputar batu tertentu.

Salah satunya adalah batu giok aceh. “Batu Aceh bagus buat pengobatan.” Begitulah kata Cut Afrida, salah satu penjual batu di Blok M Square, Jakarta.

Afrida pun mulai bercerita. Awalnya ia didiagnosa mempunyai tekanan darah rendah. Namun, katanya, semenjak memakai batu giok Aceh tersebut, kondisinya langsung membaik. “Saya main batu sudah enam bulan. Ini bikin darah rendah saya enggak kambuh lagi,” katanya.

Ia pun membagikan pengalamannya tersebut pada setiap pelanggan yang datang. “Ini namanya batu giok Aceh. Bagus buat kesehatan. Tapi pakainya harus benar-benar nempel di tubuh,” ujar Afrida ketika seorang ibu menyambangi kiosnya.

Tak hanya batu giok Aceh. Beberapa batu lainnya juga dipercaya tak hanya menyimpan keindahan semata tapi juga mempunyai “nilai tambah” tersendiri. Bahkan bukan sekadar manfaat kesehatan, batu juga dipercaya bisa mengubah kondisi psikologis seseorang.  Dikutip dari Gemstone, berikut beberapa macam batu dengan khasiatnya.

1. Safir
Dianggap dapat membawa damai dan batin yang tenteram

2. Intan
Dianggap dapat menambahkan percaya diri, batin yang tenang, dan semangat

3. Turmalin
Jenis batu permata yang dianggap bisa mencegah dari rasa takut

4. Topas
Dianggap bisa menimbulkan rasa berani, sabar, dan tabah

5. Giok
Sumber ketabahan hati, perasaan damai, dan tenteram

6. Bacan
Membentuk jiwa satria dan berani

5. Cat eyes
Sebagai anti takut, menimbulkan kepuasan, dan memberi keberanian

6. Kalimaya
Dianggap dapat meningkatkan ketabahan dan kepuasan

7. Yakut
Jenis batu permata yang dianggap dapat memberikan ketenangan batin, mencegah dari kesulitan, menimbulkan kepuasan serta mencegah menjadi pribadi yang buruk


 

sumber : cnnindonesia.com

(Visited 229 times, 1 visits today)

3 Responses

Leave a Reply

*