Home > HOBI > Serunya Festival Meriam Karbit Di Pontianak

Serunya Festival Meriam Karbit Di Pontianak

Meriam karbit

Salah satu permainan tradisional tanah air yang berasal dari Kalimantan adalah meriam karbit. Permainan ini sudah sejak dahulu menjadi salah satu permainan dan tradisi dari masyarakat melayu disana. Permainan ini menjadi lebih spesial taklala dimainkan sebagai rangkaian festival Meriam Karbit yang biasanya diselenggarakan untuk memeriahkan malam takbiran menjelang Hari Raya Lebaran.

Atraksi permainan meriam karbit sebenarnya mempunyai kisah sejarah yang menarik. Menurut cerita, Kesultanan Kadriah Pontianak di tahun 1771 sampai 1808,  tujuan awal dari membunyikan meriam adalah untuk membuang sial dan mengusir hantu kuntilanak yang ada di Kota Pontianak. Bunyi kerasnya juga menjadi pertanda waktu azan Maghrib. Seiring berjalannya waktu, tradisi meriam karbit berkembang menjadi daya tarik pariwisata.

Meriam yang digunakan disini bukan sejenis senjata yang digunakan oleh VOC namun meriam tradisional yang terbuat dari kayu durian atau pohon kelapa yang sangat keras. Kayu dibelah dan diikat memakai tali rotan dengan berat 100 kilogram satu meriamnya. Setelah itu, meriam akan dibersihkan dan dihias.

Meriam karbit

Meriam karbit

Festival Meriam Karbit tahun ini akan dimeriahkan sebanyak 43 kelompok yang akan bertempur di tepi Sungai Kapuas, Pontianak, Kalimantan Barat. Alham yang merupakan Ketua I Forum Komunikasi festival seni dan budaya di Pontianak memaparkan bahwa festival tahunan ini dilaksanakan untuk melestarikan tradisi masyarakat Melayu Kota Pontianak.

Festival tahunan ini akan memperebutkan piala yang diberikan Pemerintah Kota Pontianak. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat dan Kota Pontianak yang akan menjadi dewan yang menilai. Setiap kelompok akan dinilai dari bunyi meriam mereka. Satu kelompok dapat membawa meriam maksimal lima buah. Di sini akan dinilai kekompakan bunyi meriam dan tim nya. Sebelumnya setiap meriam yang ikut serta terlebih dahulu akan dihias dengan dekorasi yang diinginkan. Latar wajib yang dipergunakan adalah berbentuk masjid dan tubuh meriam dengan motif bunga. Hanya meriam sesuai kriteria yang akan diikutsertakan.

Dari pada penasaran nih video serunya kemeriahan festival meriam karbit di Pontianak

@travelblog

(Visited 1,715 times, 26 visits today)

Leave a Reply

*