Home > GAYA > Yakin Udah Paham Artinya Sosialita?

Yakin Udah Paham Artinya Sosialita?

sosialita

Kuping semua orang pasti gak asing dengan yang namanya istilah sosialita dan sering diomongin dibanyak media. Sebenarnya ada gak yang tahu arti kata dibalik sebuah istilah ”SOSIALITA” & asal mulanya? Dan apa yang membedakan dengan kaum masyarakat biasa? mari kita bedah.

Secara etimologi

Sosialite berarti sebuah akronim yang diserap dari bahasa Inggris, berasal dari kalimat sosial dan elite. Kata “Sosial” sebagai kata sifat memiliki arti pertemanan dan menjalin hubungan-hubungan kemasyarakatan. Sedangkan “Elite” sebagai kata benda memiliki arti, Orang-orang terbaik atau pilihan di suatu kelompok. Kelompok kecil orang-orang terpandang atau berderajat tinggi (kaum bangsawan, cendekiawan, dan sebagainya).

Secara bahasa para kaum “Sosialita” adalah sebagai orang-orang yang memiliki derajat tinggi atau terpandang, dan mereka senang berkumpul dengan beberapa kelompok masyarakat dengan status terpandang dan dengan strata yang sama seperti mereka.

Terus adakah perbedaan antara Sosialita zaman dulu dengan Sosialita zaman sekarang?

Dan sesuai realita yang terlihat dalam masayarakat perbedaan tersebut terlihat mencolok sekali.

Dahulu: Sosialita identik dengan seorang kaya yang dermawan dan banyak menghabiskan waktunya untuk menyisihkan kekayaannya mengurus masalah-masalah yang dapat membantu orang lain, untuk itu berarti kaum sosialita zaman dahulu sangat berperan “aktif secara sosial”.

Sekarang: Sosialita identik dengan seorang kaya yang dermawan dan banyak menghabiskan waktunya untuk bersosialisasi “aktif secara sosial” namun dalam konteks hanya sekedar kumpul arisan, berpesta pora, foya-foya, berkumpul dengan sejumlah konglomerat yang mendapat cakupan perhatian yang cukup besar dari media, frekuensi. Dan “aktif secara sosial” dalam rangka menolong orang-orang yang kurang mampu menjadi sedikit lebih baik, hanya sekadar menjaga citra mereka yang disembunyikan dalam dirinya sendiri.

Apakah mereka masih akan disebut sosialita ketika kekayaan yang mereka miliki sirna? Dan apakah mereka pantas disebut sosialita ketika jiwa sosialnya hilang dan hanya mementingkan kepentingan pribadi?

Jadi, yang pantas disebut sosialita sejati itu adalah mereka yang kaya harta dan kaya hati untuk aktif berkolaborasi dengan dunia sosial untuk mengedepankan kepentingan sosial diatas ego dan kesenangan pribadi. Nah udah gak salah kaprah kan arti sosialita yang sebenarnya.

(Visited 1,098 times, 81 visits today)

Leave a Reply

*